Sunday 7 May 2017

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat/Pilek

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat/Pilek


 Menderita sekali rasanya ketika hidung tersumbat atau mampet. Aktivitas sehari-hari bisa terganggu hanya karena kesulitan bernapas. Belum lagi ketika waktu tidur tiba, tidur akan menjadi kurang nyenyak akibat harus mengubah posisi tidur dari kanan ke kiri agar bisa bernapas dengan lega. Sudah pernah atau sedangkah kamu mengalami hal serupa? Tenang, ada cara menghilangkan hidung tersumbat dengan mudah tanpa konsumsi obat.

Hidung tersumbat dapat muncul ketika jaringan dan pembuluh darah yang ada di sekitar area hidung membengkak akibat adanya cairan berlebih. Kondisi semacam ini mungkin disertai pula dengan keluarnya ingus dari dalam hidung. Beberapa kondisi yang disinyalir menjadi penyebab hidung mampet antara lain flu/pilek, alergi, dan sinusitis. Ketika mengalami hidung tersumbat, hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah menjaga kelembapan saluran hidung dan sinus.

Cara Mengatasi Hidung Mampet/Tersumbat dengan Mudah


Meski bukan masalah kesehatan serius, tapi hidung tersumbat tetap saja membuat kita terganggu. Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan hidung tersumbat yang bisa kamu coba lakukan.

1. Minum banyak cairan

Mengonsumsi banyak air putih dapat membantu mengencerkan lendir dan mungkin saja bisa mencegah sinus tersumbat. Selain itu, mengonsumsi banyak cairan bisa menjaga tenggorokan agar tetap lembab.

Menurut penelitian, konsumsi air putih sebaiknya sehari minimal 8 gelas atau 2 liter. Kamu bisa menambah jumlahnya ketika hidung mampet. Misalnya menjadi 10 gelas sehari. Bagilah menjadi beberapa sesi agar tak merasa bosan.

2. Seringlah buang ingus

Kadang penyebab hidung tersumbat adalah flu atau pilek. Membuang ingus sangat penting untuk mengatasi hidung tersumbat, namun lakukan secara tepat. Mengeluarkan ingus dengan tekanan terlalu keras bisa membuat kuman kembali ke telinga kamu.

Cara terbaik untuk membuang ingus adalah dengan menutup salah satu lubang hidung. Kemudian keluarkan dengan tekanan lembut. Kalau tidak bisa keluar, jangan dipaksakan, karena itu akan sanget berbahaya bagi kondisi saluran hidung kamu sendiri.

3. Menghirup uap hangat

Masukan air kedalam panci, kemudiah masak sampai mendidih sempurna. Tuang air yang sudah mendidih kedalam sebuah baskom atau wadah lain. Selagi masih hangat hirup uap yang keluar dari air tadi. Akan tetapi hati-hati, sebab uap panas bisa juga mengakibatkan hidung melepuh.

Selain dengan cara tersebut, kamu bisa menggunakan air hangat untuk mandi. Tak hanya mampu mengatasi hidung mampet saja, mandi air panas juga bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tidur nyenyak.

4. Cuci hidung dengan garam

Tahukah kamu manfaat garam? Selain digunakan untuk memasak, ternyata garam dapat pula kamu gunakan untuk meredakan hidung tersumbat. Bahkan menurut penelitian, garam cukup berkhasiat membunuh kuman dan bakteri dalam hidung.

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan garam:

- Sediakan tiga sendok teh garam dan satu sendok teh baking soda.
- Aduk rata kedua bahan tadi, lalu simpan dalam wadah kedap udara.
- Untuk membuat larutannya, ambil satu sendok teh bahan tadi kemudian campurkan dengan 230 ml air hangat.
- Isi larutan tadi kedalam syringe. Lalu, bersandarlah ke wastafel sambil memiringkan kepala.
- Tuangkan larutan tadi kesalah satu hidung dan tunggu sampai cairan keluar dari lubang hidung lain.
- Selama proses ini kamu bisa bernapas menggunakan mulut.

5. Konsumsi minuman panas

Minum air panas dapat membantu menghilangkan hidung tersumbat, menenangkan selaput, dan mencegah munculnya dehidrasi. Sebetulnya semua minuman panas bisa kamu coba.

Namun, saya lebih rekomendasikan minuman yang mengandung jahe atau teh herba dengan tambahan sedikit madu. Cara ini sangat efektif mengatasi hidung tersumbat ketika malam hari.

6. Kompres hangat diatas hidung

Tak hanya meminum dan menggunakan untuk mandi saja, kamu pun bisa menggunakan air hangat untuk kompres hidung. Kehangatan bisa membantu mengencerkan ingus penyebab hidung mampet dari dalam.

Caranya sangat mudah. Rendam handuk kecil dengan air hangat, kemudian tempelkan tepat diatas hidung dan melebar ke pipi. Lakukan kompres ini sambil berbaring agar lebih mudah dan hasilnya optimal.

7. Hirup inhaler, balsem, dan minyak angin

Minyak angin, balsem, dan inhaler rata-rata mengandung senyawa mentho, eucalyptus, dan zat kamper yang dipercaya dapat mengatasi hidung mampet. Cara pakainya cukup simpel, kamu bisa mengoleskan balsem dan minyak angin ke area hidung, leher, dan dada.

Sedangkan untuk inhaler, kamu bisa langsung menghirupnya. Aroma menyegarkan dari senyawa menthol dapat membantu mengencerkan ingus dan menenangkan jiwa. Jangan sampai balsem dan minyak angin terkena mata, karena efeknya nanti sangat pedih.

8. Tidur dengan bantal ekstra

Jika kamu mengalami hidung tersumbat yang semakin parah ketika berbaring, cobalah untuk meninggikan kepala dengan menambahkan bantal satu lagi, sehingga posisi tubuh terlihat tidur setengah duduk.

Posisi semacam ini sangat efektif untuk mengatasi hidung tersumbat akibat penumpukan aliran darah pada hidung (menurut hukum gravitasi). Agar lebih optimal lagi, kamu bisa mengombinasikan dengan penggunaan minyak angin.

9. Konsumsi makanan pedas

Pernahkah kamu mengonsumsi makanan super pedas? Makanan pedas pada dasarnya dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Dengan demikian, konsumsi makanan pedas bisa membantu mengatasi hidung mampet akibat penumpukan ingus.

Saya jamin ingus kamu akan menjadi lebih encer ketika konsumsi makanan pedas. Ada banyak makanan pedas yang bisa kamu coba seperti mie ayam, balado, sup, dan lainnya. Jangan lupa perbanyak sambal atau merica agar pedasnya semakin mantap.

10. Gunakan lidah dan jari 20 detik

Inilah cara mengatasi hidung tersumbat yang paling ampuh (menurut saya). Yup, hanya dengan memakai lidah dan jari dalam 20 detik saja. Tips ini saya peroleh dari pengguna sosial media Reddit bernama gymfork. Ia mengajarkan trik akupresur yang dapat meredakan hidung mampet/tersumbat.

Cara meredakan hidung mampet dengan lidah dan jari:


- Tempel dan tekankan lidah kamu ke langit-langit. Jangan menekan pada satu titik saja, tapi usahakan menekan luas seakan ingin mendorog.
- Selanjutnya gunakan jari kamu untuk menekan bagian kening diantara alis mata.
- Tahan selama kurang lebih 20 detik, kemudian lepaskan secara bersamaan.

Ketika melepas tekanan pada langit-langit mulut dan kening, kamu akan merasakan cairan mengalir di tenggorokan. Hidung pun kembali lega.


EmoticonEmoticon