Saturday 13 May 2017

Cara Alami dan Mudah Mengobati Batuk Pilek

Cara Alami dan Mudah Mengobati Batuk Pilek


Cara mengobati batuk kering ataupun batuk berdahak. Sakit batuk memang sangat mengganggu. Tidur sobat menjadi tidak nyenyak, makan pun tak nyaman, serta berbicara pun suara kita menjadi serak. Saat batuk di tenggorokan akan terasa gatal, yang mana akan sangat membuat sobat menjadi tidak nyaman.
Penyakit batuk biasanya akan disertai dengan flu. Batuk sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yakni batuk kering dan batuk berdahak. Bila sobat menderita batuk kering, tenggorokan pasti akan terasa sakit saat sedang batuk. Sementara itu, bila sobat menderita batuk berdahak, akan ada dahak atau lendir yang membuat tenggorokan gatal ketika batuk.
Batuk bisa disebabkan karena:
  • Radang pernapasan
  • Asap rokok atau polusi udara
  • Sakit flu
  • Asam lambung yang meningkat
  • Alergi
  • Penyakit serius, misalkan TBC atau kanker
  • Pemakaian obat tertentu
Batuk pilek yang terjadi pada bayi, berbeda penanganannya dengan orang dewasa. Bagaimana cara mengatasi batuk pilek pada bayi bisa sobat baca di Obat Batuk Pilek Untuk Bayi Aman dan Efektif.

Cara Mengobati Batuk Pilek

Berikut ini ada beberapa cara cepat dan alami untuk menyembuhkan batuk selain dengan meminum obatbatuk, yaitu:
Jeruk nipis
Gunakan air perasan jeruk nipis yang dicampur madu atau kecap. Kemudian minum ramuan ini 3 kali sehari.
Jahe
Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat. Salah satunya juga bisa menyembuhkan batuk. Minumlah sari jahe yang dicampur kencur, paling tidak 1 kali sehari . Jahe dapat meringankan batuk berdahak.
Daun sirih
Daun sirih memiliki kegunaan serupa. Sobat cukup merebus beberapa lembar daun sirih untuk kemudian meminumnya sehari sekali agar tubuh tetap sehat.
Kunyit
Kunyit juga tergolong tanaman herbal yang bisa meredakan batuk. Tumbuk kunyit secukupnya, kemudian masukkan setengah sendok teh kunyit yang telah dihaluskan ke dalam segelas susu. Minumlah selagi masih hangat.
Madu dan lada putih
Campurkan madu dan lada putih dalam segelas teh. Minum lah ramuan ini untuk meringankan batuk sobat.
ads by google :
Air garam
Cara mengobati batuk dengan air garam sangat sederhana. Sobat tinggal berkumur dengan segelas air hangat yang dicampur dengan 1 sendok makan garam. Berkumurlah dengan air garam sebanyak 3 kali sehari.
Daun kemangi
Daun kemangi yang memiliki wangi khas ini ternyata punya banyak manfaat, termasuk salah satunya adalah untuk mengobati batuk. Rebus segelas air bersama 2-3 daun kemangi segar. Kemudian minumlah ramuan hangat ini hingga batuk sembuh.
Vitamin C
Vitamin C baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Mengonsumsi vitamin C juga dapat mempercepat proses penyembuhan batuk. Vitamin C tidak cuma ditemukan dalam bentuk tablet atau kapsul, tetapi sobat juga bisa mendapatkan vitamin C dari buah-buahan seperti jeruk, tomat, lemon, dan pepaya yang sangat kaya dengan kandungan vitamin C.
Belimbing wuluh
Buah yang sangat kecut ini ternyata juga dapat digunakan sebagai obat batuk. Caranya mudah, ambil sekitar 5-10 buah blimbing wuluh yang telah dicuci bersih. Kemudian blender buah blimbing wuluh tersebut dengan dicampur 1 gelas air putih dan sedikit garam. Saringlah buah belimbing yang sudah diblender tersebut dan minum ramuan ini 2 kali sehari.
Kencur
Ambil sekitar 1 rimpang kencur yang telah dicuci bersih. Kunyah kencur tersebut bersama sedikit garam. Sobat juga bisa mengunyahkan sambil meminum air hangat. Lakukan hal ini sebanyak 2 kali sehari.
Minum air putih
Bila sobat terserang batuk, maka sudah sewajibnya sobat semakin banyak minum air putih agar tenggorokan tidak terasa gatal dan kering. Air juga membantu menggelontorkan segala dahak dan penyakit yang ada dalam tubuh.
Istirahat yang cukup
Beristirahat yang cukup juga dapat membantu proses pemulihan tubuh. Kurangilah segala aktivitas yang berat dan sediakan waktu untuk istirahat total.
Demikian serangkaian tips untuk mengobati batuk. Batuk tidak bisa dianggap sepele. Sebab batuk juga bisa menjadi indikator adanya penyakit tertentu yang sobat derita. Untuk lebih amannya, sobat sangat disarankan periksa ke dokter untuk mengetahui apakah sobat terserang penyakit tertentu.


EmoticonEmoticon